Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kemenpar Luncurkan 10 Destinasi Wisata Halal Unggulan Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan Mastercard-CrescentRating meluncurkan Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2019 yang mengacu pada standar global Global Muslim Travel Index (GMTI).
“Muslim traveler di dunia ini pergerakannya luar biasa. Indonesia punya komitmen yang tinggi untuk menjadi global player dalam hal pariwisata halal. Menjadi global player pilihan yang tepat karena negara kita merupakan negara penduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia,” kata Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal Anang Sutono dalam acara peluncuran IMTI 2019, Rabu (13/2/2019).
Ada sepuluh detinasi wisata halal yang dipilih dan dibina dalam bimbingan teknik menggunakan standar GMTI, yakni Aceh, Riau dan Kepulauan Riau, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur (Malang Raya), Lombok, dan Sulawesi Selatan (Makassar dan sekitarnya).
Kesepuluh destinasi tersebut diberi pelatihan, dimonitoring, dan dievaluasi, yang ditujukan untuk bersaing dalam Global Muslim Traveler Index yang diselenggarakan pada pertegahan 2019. Target Menpar, Indonesia peringkat pertama pada GMTI 2019.
“Indonesia telah menumbuhkan empat aspek dari GMTI melampaui semua negara. IMTI menghadapkan masing-masing daerah untuk menumbuhkan wisata halal di setiap destinasi. Ada komitmen yang kuat dari setiap elemen pemerintah dan pertumbuhan yang signifikan dari pemain industri pariwistaa halal,”jelas Menteri Pariwisata Arief Yahya pada acara yang sama.
Posisi Indonesia pada GMTI 2018 berada di peringkat kedua bersama Uni Emirat Arab. Pada peringkat pertama diduduki Malaysia sebagia negara dengan pariwisata halal terbaik 2018.
Berikut posisi lengkap peringkat GMTI 2018: 1. Malaysia; 2. Indonesia dan UAE; 3. Turki; 4. Arab Saudi; 5. Singapura; 6. Qatar; 7. Bahrain; 8. Oman, dan 9. Maroko.

Respond For " Kemenpar Luncurkan 10 Destinasi Wisata Halal Unggulan Indonesia "